Content Marketing

Cara Menentukan Produk yang Memikat Pasar

How to Determine Products That Attract the Market

Digital Marketing
Digital Marketing

Sebagai seorang pengusaha yang akan memulai bisnis, apalagi jika kamu memulainya seorang diri, memilih produk yang akan dijual kepada pelanggan menjadi langkah awal yang sangat penting untuk dipertimbangkan secara matang.

Menentukan produk yang memikat pasar adalah langkah kritis dalam pengembangan bisnis. Proses ini melibatkan penelitian, analisis, dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Produk yang memiliki sedikit kompetitor di pasar, tetapi punya target pasar tertentu yang dapat dituju bisa menjadi nilai plus yang dapat kamu perhatikan untuk menjual produk yang memenuhi kriteria tersebut.

  1. Mengenal Target Pasar

Pada dasarnya, barang atau jasa yang baik terlahir atas kebutuhan konsumen. Maka, identifikasi pasar yang menjadi target dari brand terlebih dahulu. Siapa yang akan menjadi pengguna produk? Apa yang mereka butuhkan? Dan Apakah gaya hidup mereka mempengaruhi daya beli terhadap produk kamu?

Pastikan untuk membuat identifikasi pasar sedetail mungkin untuk dapat menentukan produk yang benar-benar menarik serta menjadi kebutuhan target pasar.

  1. Selalu Update dengan Tren di Sosial Media

Banyak sekali informasi tersebar tentang produk yang sedang tren di media sosial dari berbagai macam komunitas, influencer atau lingkup orang-orang biasa. Bagi kamu yang ingin coba memantau tren pasar lebih mudah, bisa coba lakukan pencarian melalui tagar atau hashtag. Melalui hashtag tersebut kamu bisa menemukan banyak sekali produk apa saja yang banyak digunakan oleh masyarakat.

  1. Lakukan Pengamatan Performa Terhadap Kompetitor

Lakukan pengamatan performa terhadap kompetitor bisnis. Perlu diingat bahwa pada dasarnya, kompetitor tidak hanya sekedar jadi saingan di pasar saja, tapi juga bisa menjadi pembelajaran agar tidak mengulangi kesalahan. Selain itu, kamu juga bisa belajar dari kompetitor ketika mereka telah berhasil meraup penjualan yang baik dari suatu produk. Jadi cobalah untuk lakukan pengamatan performa kompetitor agar bisa mengamati jenis produk seperti apa yang laris hingga cara menjual, dan juga strategi pemasaran yang sesuai.

  1. Strategi Pemasaran yang Efektif 

Strategi pemasaran ini dapat berlandaskan dari target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya, Misalnya, target pasar produk kamu adalah perempuan dan laki-laki di rentang usia dewasa produktif. Maka, pemasaran yang efektif adalah menampilkan iklan produk melalui media sosial yang sering diakses oleh mereka.

  1. Dengarkan Feedback/Umpan balik dari Konsumen

Pentingnya untuk mendengarkan ulasan dari konsumen mengenai pengalaman belanja. Apakah produk yang mereka terima telah berkualitas bagus, cukup, atau kurang. Ikuti terus perkembangannya kembali dan tanyakan apa yang bisa ditingkatkan kembali untuk produk yang telah kamu keluarkan.

Contoh Implementasi Produk :

  1. Peluncuran Produk Teknologi:

– Penelitian: Analisis tren teknologi terkini, survei pengguna teknologi, dan studi kompetitor.

– Prototyping: Pengembangan prototipe gadget baru dan uji coba di kalangan pengguna teknologi.

– Pemasaran: Kampanye di media sosial dan platform teknologi, bekerja sama dengan tech reviewers dan influencers.

  1. Produk Konsumen (FMCG):

– Penelitian: Survei preferensi konsumen, analisis pasar FMCG, dan wawancara dengan konsumen.

– Prototyping: Uji coba produk di beberapa pasar lokal.

– Pemasaran: Iklan televisi, promosi di media sosial, dan penawaran khusus di supermarket.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan pasar, mengembangkan produk yang relevan, dan menerapkan strategi pemasaran yang   efektif untuk menarik perhatian dan memikat konsumen. 

Selain memperhatikan sisi kemenarikan produk, pelaku usaha juga perlu fokus pada kualitas, harga, dan nilai yang konsumen dapatkan dengan menggunakan produknya. Dengan begitu, pelaku usaha tidak hanya dapat menjual produk dengan mudah, tetapi dapat membangun brand menjadi lebih maju.

Kamu juga bisa berkolaborasi dengan agensi digital creative untuk mendapatkan traffic yang optimal. Kamu bisa berkolaborasi dengan Simetrie untuk membantu mengoptimalkan strategi digital marketing kamu! Simetrie menyediakan berbagai layanan digital marketing untuk membantu kamu membangun serta meningkatkan brand awareness bisnis kamu! Hubungi admin Simetrie untuk klaim promo menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Segera hubungi bila ingin ditanyakan?