Di era digital saat ini, iklan digital telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif untuk menjangkau konsumen. Namun, dengan begitu banyaknya iklan yang bertebaran di berbagai platform digital sehingga membuat iklan yang menonjol dan efektif menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis.
Lalu.. Bagaimana membuat Iklan Digital yang Efektif?
Iklan yang efektif adalah iklan yang dapat menarik perhatian audiens untuk melihat dan menyaksikan konten yang kamu buat sampai habis. Iklan yang disampaikan pun harus mampu menarik perhatian, menyampaikan pesan dengan jelas, dan mendorong audiens untuk melakukan berbagai tindakan pemasaran, khususnya bertransaksi.
Adapun berbagai cara untuk membuat yang tepat dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut :
- Kenali produk yang akan dipromosikan
Mengenali produk yang akan kamu promosikan penting untuk dilakukan di tahap awal. Dengan memahami produk apa yang ingin kamu promosikan, kamu semakin paham mengenai hal-hal apa saja yang ingin diunggulkan dari produk yang kamu miliki.
Untuk memahami produk yang mau kamu promosikan, kamu perlu melakukan analisis SWOT yaitu memahami keunggulan dari produk, cara mengatasi kekurangan dari produk yang kamu miliki, memperhatikan berbagai peluang pada tren pasar yang semakin dinamis, dan yang terakhir memahami bagaimana menghindari berbagai hal yang dapat menghambat bisnis kamu.
- Lakukan Market Research
Melakukan market research akan membantu kamu meminimalisir hal yang dapat merugikan bisnis kamu, atau lebih parahnya kamu tidak dapat mengikuti perkembangan dari kondisi pasar yang berkembang semakin dinamis.
HubSpot menyebutkan ada beberapa langkah-langkah penelitian market research yang bisa membuat iklan, seperti :
- Siapa Target Audiens?
- Berapa usia mereka?
- Apa minat mereka?
- Platform apa yang sering mereka gunakan?
- Tentukan Tujuan Iklan
Cara membuat iklan yang menarik selanjutnya dengan menetapkan tujuan iklan yang ingin kamu buat.
Kamu bisa menggunakan metode SMART agar kamu lebih mudah menargetkan goals apa saja yang ingin dicapai.
- Pilih Platform iklan yang Tepat
Setelah kamu melakukan market research dan menentukan tujuan, kamu akan lebih mudah memilih platform iklan yang ingin digunakan. Dengan perkembangan dunia digital yang sangat dinamis, tentunya kamu harus bisa menentukan platform mana yang bisa kamu gunakan dengan tepat.
Platform yang bisa digunakan untuk membuat iklan digital meliputi google ads, meta ads (Facebook dan instagram), dan Tiktok Ads. Selain itu, kamu juga harus bisa memahami format iklan yang ingin kamu pakai sehingga dapat menarik minat audiens untuk melihat iklan kamu sampai habis dan melakukan tindakan pemasaran.
- Buat Pesan Iklan yang Menarik
Buatlah pesan yang tepat untuk campaign promosi iklan, kamu bisa membuat pesan untuk mengunjungi toko, mengunjungi website (landing page), membeli produk atau jasa, dan bisa mengajak audiens untuk langsung bertransaksi.
- Optimalkan iklan
Sebelum memposting iklan tentunya kamu perlu melakukan berbagai variasi iklan untuk menemukan metode yang sesuai agar iklan yang dipasang mendapatkan hasil yang maksimal.
Tidak hanya itu, setelah posting dilakukan kamu juga harus memantau kinerja dari campaign yang dilakukan dengan menganalisis kinerja dari keberhasilan iklan yang sudah di pasang.
Membuat iklan digital yang efektif membutuhkan perencanaan yang matang dan pemahaman yang mendalam tentang target audiens dan platform iklan yang di pilih. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan terus melakukan optimasi, kamu bisa menciptakan iklan yang berhasil mencapai tujuan pemasaran kamu.
Kamu juga bisa berkolaborasi dengan agensi digital creative untuk mendapatkan traffic yang optimal. Kamu bisa berkolaborasi dengan Simetrie untuk membantu mengoptimalkan strategi digital marketing kamu! Simetrie menyediakan berbagai layanan digital marketing untuk membantu kamu membangun serta meningkatkan brand awareness bisnis kamu! Hubungi admin Simetrie untuk klaim promo menarik!