Meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek menjadi salah satu hal penting bagi kesuksesan bisnis. Digital marketing telah membuka peluang baru untuk mencapai audiens yang lebih luas dan memperkuat eksistensi merek di ranah online.
Tapi.. membangun brand awareness tidak semudah yang kita kira, banyak usaha yang harus dilakukan agar bisa mencapai kesuksesan. Walau begitu, brand awareness merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencapai kesuksesan bagi setiap bisnis.
Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu brand awareness, mengapa itu penting, dan bagaimana cara meningkatkannya. Mari kita bahas satu persatu di bawah ini!
APA ITU BRAND AWARENESS?
Brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu merek. Semakin tinggi tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu merek. Semakin tinggi tingkat kesadaran, semakin besar kemungkinan konsumen memilih produk atau jasa dari brand yang kamu miliki.
Dalam konteks digital marketing, brand awareness mencakup upaya untuk memperluas pengetahuan brand melalui berbagai saluran online, seperti media sosial, iklan digital, konten pemasaran, dan interaksi dengan pelanggan. Tujuan dari brand awareness adalah menciptakan pengakuan dan peningkatan yang kuat dalam benak konsumen, sehingga brand tersebut menjadi pilihan utama ketika konsumen membutuhkan produk atau layanan yang relevan.
Dengan meningkatkan brand awareness, sebuah brand dapat membangun citra yang positif, memperoleh pangsa pasar yang lebih besar, dan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Tingkat brand awareness yang tinggi juga berpotensi meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat loyalitas merek, dan membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
MENGAPA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS ITU PENTING?
Terkadang, secara tidak sadar para pelaku bisnis berhasil membuat suatu produk dan bagus namun mereka kurang memperhatikan tentang brand awareness yang sangat penting sebagai investasi berharga bagi bisnis.
Dengan memperluas pengetahuan dan kesadaran merek, sebuah bisnis dapat memperoleh keunggulan kompetitif, memperluas jangkauan pasar, membangun loyalitas pelanggan, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.
Selain itu, ada beberapa poin penting yang dapat di garis bawahi tentang pentingnya meningkatkan brand awareness bagi bisnis :
1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Konsumen cenderung lebih percaya pada merek yang sudah familiar. Dengan meningkatkan brand awareness, bisnis memiliki peluang untuk memperluas jangkauan pasar. Semakin banyak orang yang mengenal brand kamu, semakin besar peluang untuk menjangkau audiens baru dan memperoleh pangsa pasar yang lebih luas.
2. Membedakan brand dari pesaing
Brand awareness yang kuat membuat brand yang kamu miliki akan semakin diingat oleh audiens kamu. Misalnya kamu memiliki suatu keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain, hal ini menjadi nilai plus agar brand kamu selalu di ingat oleh konsumen dan akan meningkatkan loyalitas pelanggan pada brand kamu.
3. Memperluas jangkauan pasar
Dengan meningkatkan brand awareness, bisnis memiliki peluang untuk memperluas jangkauan pasar. Semakin banyak orang yang mengenal brand kamu, semakin besar peluang untuk menjangkau audiens baru dan memperoleh pangsa pasar yang lebih luas.
Brand awareness dapat dijadikan sebagai alat ukur kinerja suatu merek. Jika tingkat brand awareness kecil, maka sudah jelas brand tersebut tidak sebaik yang diinginkan. Maka dari itu, setiap bisnis harus membangun brand awareness yang baik.
Tidak akan mengherankan jika sebuah brand yang menghabiskan modal yang banyak untuk membangun brand awareness mereka. Namun mereka tidak mengetahui bagaimana cara untuk memulai membangun brand awareness yang baik. Bukannya brand mereka dikenal oleh banyak orang, malahan brand mereka mengalami kerugian karena tidak memahami strategi yang tepat.
Maka dari itu, membangun brand awareness yang baik adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh suatu bisnis. Berikut adalah beberapa cara MEMBANGUN BRAND AWARENESS DENGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING
1. Tentukan Target Audiens
Lakukan riset pasar untuk mengenali siapa audiens yang ingin kamu tuju, misalnya kamu bisa melihat dari berbagai aspek seperti usia, jenis kelamin, dan karakteristik dari konsumen yang ingin kamu tuju.
2. Pilih platform yang Tepat
Berkat kemajuan penggunaan media sosial tersebut, kamu bisa memangun brand awareness melalui platform ini. Kamu bisa memulai dengan memilih platform yang paling banyak digunakan oleh target audiens dan menyesuaikan konten apa yang ingin kamu bawakan kepada target audiens yang kamu tuju. Konten yang dibuat pun tidak bisa sembarangan, kamu harus bisa memperhatikan apa yang saat ini menjadi trending topik agar konten yang kamu bawakan bisa viral dan menjangkau banyak audiens.
3. Optimalkan SEO
SEO atau Search Engine Optimization, adalah strategi pemasaran digital yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Di era penggunaan mesin pencarian seperti Google sering sekali diandalkan untuk mencari berbagai informasi.
Dengan melakukan optimasi mesin pencarian (SEO), kamu bisa meningkatkan visibilitas brand/website di hasil pencarian. Ini berarti semakin banyak orang yang akan menemukan brand kamu dengan lebih mudah.
4. Lakukan Influencer Marketing
Kolaborasi dengan Influencer di bidang yang relevan dan dapat membantu kamu menjangkau audiens baru. Ketika seseorang dengan jumlah pengikut yang banyak mempromosikan merek atau produk kamu, maka pengikut mereka biasanya akan percaya untuk membeli/menggunakan jasa yang kamu miliki. Metode ini sangat membantu untuk meningkatkan brand awareness, memperkenalkan produk, hingga menjangkau target audiens melalui konten yang dibuat oleh influencer tersebut.
Salah satu brand yang berhasil membangun brand awareness melalui digital marketing adalah NIKE. Pasti kalian nggak asingkan sama brand sportswear ini? Mereka memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk berinteraksi dengan penggemar olahraga, membuat konten yang menginspirasi, dan meluncurkan kampanye 0emasaran yang viral. Selain itu, Nike juga aktif menggunakan influencer marketing untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Jadi.. membangun brand awareness melalui digital marketing membutuhkan perencanaan yang matang dan eksekusi yang konsisten. Dengan menerapkan strategi yang tepat dan memanfaatkan tools yang tersedia, kamu bisa meningkatkan visibilitas brand kamu dan mencapai target pasar yang lebih luas.
Tapi.. masih banyak brand yang nggak tau gimana untuk membangun brand awareness di platform digital marketing. Bukannya untung, malah jadi boncos. Biar hal ini nggak kejadian di kamu, kamu bisa berkolaborasi dengan agensi digital creative untuk mendapatkan traffic yang optimal. Kamu bisa berkolaborasi dengan Simetrie untuk membantu mengoptimalkan strategi digital marketing kamu! Simetrie menyediakan berbagai layanan digital marketing untuk membantu kamu membangun serta meningkatkan brand awareness bisnis kamu!
Tunggu apalagi? Yuk hubungi admin Simetrie segera untuk konsultasi gratis dan klaim promo menarik sebelum kehabisan!