Uncategorized

Bingung Bikin Konten? Yuk coba bikin Content Plan!

Bingung Bikin Konten? Yuk coba bikin Content Plan!
Bingung Bikin Konten? Yuk coba bikin Content Plan!

Content plan adalah strategi yang dirancang untuk membantu Kamu dalam menentukan jenis konten yang akan Kamu buat dan bagaimana Kamu akan membagikannya kepada audiens. Hal ini merupakan bagian penting dari strategi pemasaran, dimana konten yang telah dirancang nantinya dapat digunakan untuk mebembangkan brand kamu dan mendapat banyak atensi dari audiens kamu. Rencana konten membantu memastikan bahwa konten yang Kamu produksi relevan dengan tujuan bisnis Kamu, bermanfaat bagi audiens, dan dipublikasikan secara konsisten dan efisien.

Di dalam sebuah konten, akan ada tahapan-tahapan perencanaan yang bertujuan untuk mendapatkan audiens baru. Konten yang kamu sajikan nantinya dapat memberikan gambaran yang berkaitan dengan brand yang kamu miliki. Sebelum itu, kamu harus memahami beberapa elemen kunci dari pembuatan content plan :

  1. Tentukan Tujuan Pembuatan Konten  
    Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan yaitu menentukan apa yang ingin kamu capai dengan konten yang kamu buat, seperti meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan lead, atau mendukung penjualan dari brand yang kamu miliki.
  2. Pahami Target Audiensmu
    Kamu juga harus memperhatikan kira-kira siapa audiens target kamu, kamu bisa melihat dari apa kebutuhan dan minat audiens, dan bagaimana konten kamu dapat di jangkauoleh terget audeins kamu.
  3. Lakukan Audit Konten
    Audit konten merupakan proses menilai dan menganalisis seluruh konten yang ada secara sistematis. Tujuan dari audit konten ini untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari strategy content yang selama ini diterapkan.
  4. Buat Kalendar Editorial
    Menyusun jadwal untuk pembuatan konten merupakan elemen yang penting, kamu bisa menentukan kapan konten akan dibuat, direvisi, dan dipublikasikan. Ini termasuk menentukan frekuensi publikasi konten dan memahami algoritma dari akun kamu.
  5. Kembangkan Ide Konten
    Kembangkan ide-ide untuk konten yang akan dibuat, termasuk formatnya (misalnya artikel blog, video, infografis) dan topik yang akan dibahas.
  6. Tentukan SEO dan Kata Kunci
    Kata kunci memegang peran penting agar konten yang kamu buat dapat di temukan oleh audiens dengan mudah. Menentukan kata kunci yang akan ditargetkan untuk membantu meningkatkan visibilitas konten kamu di mesin pencari.
  7. Promosi dan Distribusi
    Rencanakan bagaimana kamu akan membagikan dan mempromosikan konten kamu melalui berbagai kanal, seperti media sosial, email marketing, atau iklan berbayar.
  8. Analisis dan Optimisasi
    Ditahap ini kamu perlu unutk mengukur bagaimana kinerja konten yang telah kamu siarkan menggunakan metrik yang relevan (misalnya tayangan, klik, konversi) dan mengoptimalkannya berdasarkan hasil analisis dari konten kamu.

Dengan memiliki rencana konten yang solid, kamu dapat memastikan bahwa upaya pemasaran konten Kamu terarah, efektif, dan mampu menghasilkan hasil yang maksimal terhadap tujuan bisnis Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Segera hubungi bila ingin ditanyakan?