Font merupakan salah satu elemen terpenting untuk desain logo suatu brand atau perusahaan. Jika kamu ingin brand lebih mudah dikenal, maka harus mempertimbangkan untuk membuat logo yang memorable. Ada cukup banyak jenis logo yang bisa kamu pilih untuk brand-mu. Beberapa di antaranya ada yang hanya fokus pada grafis atau hanya tulisan saja.
Apakah pemilihan font tersebut bisa memperkuat brand yang kamu miliki dan berpengaruh pada tingkat penjualan, atau malah sebaliknya. Meskipun begitu, tentu saja hal ini tidak mudah untuk dilakukan mengingat ada bermacam-macam jenis font yang memiliki karakternya masing-masing.
Font yang sesuai dengan brand personality adalah salah satu alat untuk mengkomunikasikan rasa brand kepada pelanggan. Hal ini tidak hanya untuk penggunaan pada logo saja, melainkan juga pada semua aspek desain yang akan digunakan oleh brand.
Typography merupakan elemen dasar yang wajib dikuasai oleh semua graphic designer. Baik itu designer logo, designer social media, dan juga UI designer. 75% pelanggan memutuskan untuk minat terhadap suatu bisnis lewat desain yang dimiliki brand tersebut. Apalagi, font ini pengaruhnya sangat besar dalam menentukan keharmonisan desain dan brand identity.
Keberadaan font dalam brand ini menjadi bagian dari identitas brand yang unik. Nggak cuma itu, brand font yang paten juga bakal menciptakan konsistensi dalam setiap konten dari brand tersebut. Coba kamu bayangkan, kamu melihat konten media sosial suatu brand, tapi.. Font yang digunakan berubah-ubah. Tentunya akan terlihat nggak rapi dan terkesan kurang serius.
Dengan memilih dan menggunakan brand font yang sama di setiap brand touchpoint, kamu bakal menciptakan customer experience yang konsisten untuk audiens. Konsisten ini yang bakal ngebantu kamu untuk meningkatkan brand awareness dan brand recognition nantinya.
Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahui apakah brand font itu bagus dan cocok bagi bisnismu atau tidak. Font yang dipilih haruslah tepat dan sesuai dengan identitas bisnis, sehingga dapat menambah nilai estetika dan membuat bisnis menjadi lebih profesional. Berikut ini adalah TIPS MEMILIH FONT YANG TEPAT UNTUK BISNIS KAMU :
- Pertimbangkan Jenis Bisnis
Setiap jenis bisnis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sebelum memilih font, kamu perlu mempertimbangkan jenis bisnis kamu terlebih dahulu. Apakah bisnis kamu bersifat formal, kreatif, atau casual. Jangan sampai salah memilih font yang dapat membuat brand identity kamu terkesan kurang profesional.
- Ukuran font
Ukuran font menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi citra dari bisnis kamu. Misalnya, jika font terlalu besar dapat membuat desain terkesan terlalu berlebihan, sementara font yang terlalu kecil dapat sulit dibaca dan tidak terlihat jelas. Pastikan kamu memilih ukuran font yang tepat agar brand identity kamu dapat terlihat jelas dan mudah dibaca.
- Sesuaikan dengan media yang akan digunakan
Pemilihan font juga harus disesuaikan dengan media yang digunakan. Jika bisnis kamu bergerak di bidang digital, pastikan kamu memilih font yang dapat terlihat dengan jelas dan mudah dibaca. Sementara itu, jika bisnis kamu menggunakan media cetak, pastikan kamu memilih font yang dapat tercetak dengan jelas dan tidak pecah-pecah
- Jangan gunakan terlalu banyak jenis huruf
Satu atau dua jenis font sudah cukup digunakan. Penggunaan font yang berbeda-beda akan membuat logo brandmu terlihat tidak konsisten dan berantakan sehingga akan menurunkan kepercayaan audiens.
Meskipun mungkin terlihat sebagai elemen kecil, ternyata penggunaan huruf, ukuran, dan gaya dapat memiliki dampak signifikan pada pengalaman pengguna dan daya tarik visual sebuah karya, lho.
Typography memiliki peran yang krusial dalam desain visual karena secara langsung mempengaruhi cara kita menerima dan memahami informasi. Dalam konteks ini, pemilihan jenis huruf, ukuran, dan gaya huruf dapat membentuk identitas dan karakter visual suatu karya.
Hal ini memungkinkan desainer untuk menyampaikan pesan dengan lebih kuat dan konsisten, menciptakan kesan yang tepat sesuai dengan tujuan desain. Lebih dari sekedar penataan teks, typography memberikan dimensi ekstra yang dapat mempengaruhi perasaan dan pengalaman pemirsa.
Memilih font yang tepat untuk brand-mu adalah proses yang membutuhkan pertimbangan yang mendalam. Font bukan sekedar huruf-huruf yang membentuk kata, tapi merupakan bagian integral dari identitas visual brand-mu. Kamu bisa memilih font yang tidak hanya estetis, tapi juga merepresentasikan personality brand dengan tepat. Perlu dicatat, font yang tepat bisa menjadi aset berharga dalam membangung koneksi emosional dengan audiens dan memperkuat posisi brand-mu di pasar.
Biar kamu nggak pusing, kamu bisa berkolaborasi bareng digital creative agency seperti Simetrie! Simetrie siap membantu kamu untuk membangun desain yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Hubungi admin Simetrie untuk konsultasi gratis dan klaim promo menarik sekarang juga!